10 Kesalahan Deadly Dalam Mengelola Usaha

Untuk transaksi pertama yang dilakukan selama periode program, pelanggan akan langsung mendapatkan “KAPAL” dan berkesempatan mendapatkan “hadiah selamat datang/welcome prize” berupa bonus pulsa. “Dalam rapat kami menunggu fatwa hukum dari KPK, karena kami sudah mengirimkan surat. Ini mah ngga manajemen dibiarkan, kalau sudah diobati kita kasih penyertaan modal,”katanya lagi. “Tahun lalu rugi Rp75 miliar sekarang bulan Juli rugi Rp70 miliar.

Namun pertimbangkan plus dan minus dari setiap poin yang ingin Anda tetapkan. Liat 6-12 bulan ke depan, kalau ternyata selama waktu itu bisnis kita masih mendapatkan transaksi dari pelanggan, itu artinya bisnis kitabelum berhasil. Bisnis belum bisa dikatakan gagal kalau kita masih menjalankan bisnis tersebut. Pertumbuhan bisnis akan jauh lebih cepat ketika kita punya pangsa pasar 1 kampus yang berjumlah 5000 orang, dibanding 1 kelas yang cuma berjumlah 50 orang.

Supaya lebih objektif, Anda bisa memantau review langsung dari platform macam Google My Business, TripAdvisor, Qraved, Traveloka Eats, dan sebagainya. Anda perlu lanjutkan dengan mencari keunikan produk (unique selling points / USP) yang ingin dijual. Sebab tanpa keunikan produk, bisnis kuliner Anda gampang kalah saing dengan kompetitor. Lewat keunikan produk pula lah, calon pelanggan tertarik untuk membeli dan mencoba produk Anda. Cara terbaik lainnya untuk memulai usaha adalah dengan menentukan waktu yang tepat. Tak perlu terburu-buru, karena bisnis sejatinya membutuhkan perhitungan yang cermat dan matang.

Keterbatasan modal yang Gazan miliki membuatnya harus berpikir lebih keras dan lebih kreatif agar produknya bisa booming dan laris dipasaran walaupun dengan modal yang terbatas. Berbagai strategi ia terapkan, dan berhasil membuat produk Zanana Chips-nya booming dan laris dipasaran bahkan dikalangan selebriti di Indonesia. , pemuda 20 tahun dibalik Zanana Chips yang berasal dari keluarga miskin dan broken house. Ia memulai usaha warung makan untuk pertama kalinya di usia 16 tahun. Bangkrut setelah berjalan 1 tahun 1 bulan, ia bangkit kembali dan memulai usaha yang lain yaitu outlet risoles.

Modal ini sendiri tidak hanya sekedar bahan baku yang digunakan. Jika usaha sudah stabil dan cukup laris, kemudian Anda bisa memulai untuk membuat web site bisnis sendiri, dengan mengaturnya tampilan dan sistemnya agar lebih menarik. Kemudian, Anda bisa menggunakan aplikasi chat sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan atau pebisnis lain, seperti pemesanan, pembayaran atau stok produk. Selain itu, menggunakan toko digital, rupanya lebih menguntungkan dibanding berjualan dengan toko fisik.

Gazan mulai meriset dan mendesain kemasan yang akan ia gunakan untuk produknya Zanana Chips. Berbagai alternatif emblem dan kemasanpun Ia dapatkan dari bantuan teman-temannya. Tidak mau mengulangi kesalahan yang sama seperti bisnis sebelumnya, Gazan memulai bisnis ke-3 nya dengan meriset resep terbaik dengan tangannya sendiri. Ia mencoba mencampur berbagai bahan-bahan yang ia dapat dari banyak tempat sampai ia mendapatkan cita rasa bumbu yang pas.

Kesalahan awal dari membuka bisnis

Bila tidak dipertimbangkan secara matang, justru Anda akan mengalami kerugian. Meskipun risiko kerugian cenderung kecil, tetap saja Anda harus menghindari kesalahan-kesalahan di bawah ini supaya bisnis dapat berjalan lancar. Selain itu, diperlukan juga modal berbisnis yang memadai ketika akan memulainya agar bisnis tetap berjalan lancar. Tidak hanya sekedar mengikuti apa kemauan pelanggan, namun mencitakan ruang untuk mendengarkan apa yang mereka inginkan adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis.

Perlu diketahui, tabungan bisnis juga memiliki beberapa persyaratan pembukaan rekening yang cukup rumit. Anda harus menyertakan beberapa dokumen penting, seperti Akta Perusahaan, SIUP, TDP, NPWP Perusahaan, NPWP Pengusaha, Kartu Identitas Pengusaha, hingga Kartu Identitas Pemegang Saham. Yang bisa dilakukan untuk mengatur dana yang masuk dan keluar adalah dengan melakukan pembukuan.

Persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat akan semakin membuatmu sulit untuk memenangkan persaingan bisnis. Jika kamu tidak pandai dalam memberikan inovasi yang kreatif maka yang terjadi kamu akan mengalami penurunan penggunjung. Terlalu banyak menu justru bisa jadi boomerang untuk kelangsungan usahamu. Sebagian orang mengira menu yang beragam bisa jadi daya tarik tersendiri bagi konsumen, tapi hati-hati justru ini bisa jadi boomerang karena terlalu banyak menu membuat konsumen bingung memilih makanan. Termasuk bagi para koki yang bertugas memasak, saking banyaknya resep yang harus dipelajari, akhirnya tingkat kelezatan makanan yang disajikan tidak ada yang istimewa.